Friday, October 25, 2013

Hadis tentang Hujan dalam Perspektif Sains

PENDAHULUAN
A.    Latar Belakang
Alam semesta beserta isinya ini adalah ciptaan Tuhan yang keberadaannya adalah untuk kesejahteraan manusia. Allah tidak menciptakan sesuatu dengan kesia-siaan tanpa ada manfaatnya bagi manusia. Namun, manusialah yang terkadang tidak memanfaatkan ciptaan Tuhan itu secra arif dan bijaksana. Manusia yang memanfaatkan dan manusia pulalah yang merusaknya. Hal ini merupakan sifat alamiah manuisa yang condong lebih mudah bertindak kerusakan. Oleh karena itu, manusia (umat Muslim) dibekali dengan dua petunjuk yang tak akan pernah oleh lekang oleh tempat dan waktu yaitu  al-Qur’an dan Sunnah Nabi.
Salah satu ciptaan Tuhan yang sangat besar manfaatnya adalah hujan. Sebagaimana ciptaan Tuhan yang lain, adanya hujan juga telah dijelaskan di dalam al-Qur’an maupun hadis. Proses terjadinya hujan telah dijelaskan di dalam al-Qur’an 14 abad yang lalu sebelum kemudian secara ilmiah dibuktikan kebenarannya melalui jasa para ilmuwan. Sementara itu, Nabi di dalam sunnahnya juga menjelaskan kepada umatnya bahwa hujan itu adalah anugerah dan rahmat dari Tuhan.
            Hujan diciptakan oleh Allah sebagai rahmat. Secara normatif, umat Islampun meyakini bahwa hujan itu adalah ciptaan Allah. Namun, manusia diberi kekuasaan oleh Allah untuk berpikir mengenai segala ciptaan-Nya, termasuk bagaimana proses terbentuknya hujan di alam. Dalam hal ini, para ilmuwan alam yang berjasa menguak proses terbentuknya hujan dan segala proses alam yang mempengaruhinya. Jika pada awalnya manusia tidak mengetahui sebab turunnya hujan, maka setelah banyak dilakukan penelitian bisa diketahui darimana munculnya hujan. Hal ini yang membuat sebagian manusia mempercayai bahwa hujan itu adalah murni proses alam. Sedangkan di dalam hadis telah disebutkan bahwa hujan itu adalah karunia dari Allah. Oleh karena itu, dalam makalah ini akan dipaparkan Hadis yang berkaitan dengan hujan sebagai rahmat Tuhan dilihat dari perspektif sains.

 A.    Rumusan Masalah

1.      Bagaimana kualitas hadis dari sisi sanadnya?
2.      Bagaimana tinjauan sains mengenai kandungan isi hadis?



PEMBAHASAN

A.    Teks Hadis
HR Bukhari, kitab Jum’at, no hadis 980
حَدَّثَنَا إِسْمَاعِيلُ حَدَّثَنِي مَالِكٌ عَنْ صَالِحِ بْنِ كَيْسَانَ عَنْ عُبَيْدِ اللَّهِ بْنِ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ عُتْبَةَ بْنِ مَسْعُودٍ عَنْ زَيْدِ بْنِ خَالِدٍ الْجُهَنِيِّ أَنَّهُ قَالَ
صَلَّى لَنَا رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ صَلَاةَ الصُّبْحِ بِالْحُدَيْبِيَةِ عَلَى إِثْرِ سَمَاءٍ كَانَتْ مِنْ اللَّيْلَةِ فَلَمَّا انْصَرَفَ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَقْبَلَ عَلَى النَّاسِ فَقَالَ هَلْ تَدْرُونَ مَاذَا قَالَ رَبُّكُمْ قَالُوا اللَّهُ وَرَسُولُهُ أَعْلَمُ قَالَ أَصْبَحَ مِنْ عِبَادِي مُؤْمِنٌ بِي وَكَافِرٌ فَأَمَّا مَنْ قَالَ مُطِرْنَا بِفَضْلِ اللَّهِ وَرَحْمَتِهِ فَذَلِكَ مُؤْمِنٌ بِي كَافِرٌ بِالْكَوْكَبِ وَأَمَّا مَنْ قَالَ بِنَوْءِ كَذَا وَكَذَا فَذَلِكَ كَافِرٌ بِي مُؤْمِنٌ بِالْكَوْكَبِ

Artinya : “Telah menceritakan kepada kami Isma'il telah menceritakan kepadaku Malik dari Shalih bin Kaisan dari 'Ubaidullah bin 'Abdullah bin 'Utbah bin Mas'ud dari Zaid bin Khalid Al Juhaini bahwa dia berkata, "Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam memimpin kami shalat Shubuh di Hudaibiyyah pada suatu malam sehabis turun hujan. Selesai shalat beliau menghadapkan wajahnya kepada orang banyak lalu bersabda: "Tahukah kalian apa yang sudah difirmankan oleh Rabb kalian?" Orang-orang menjawab, "Allah dan rasul-Nya lebih mengetahui." Beliau lalu bersabda: "Allah berfirman: 'Di pagi ini ada hamba-hamba Ku yang menjadi Mukmin kepada-Ku dan ada pula yang kafir. Orang yang berkata, 'Hujan turun kepada kita karena karunia Allah dan rahmat-Nya', maka dia adalah yang beriman kepada-Ku dan kafir kepada bintang-bintang. Adapun yang berkata, 'Hujan turun disebabkan bintang ini dan itu', maka dia telah kafir kepada-Ku dan beriman kepada bintang-bintang'."

A.    Makna-Makna Mufrodat dari Teks Hadis
مُطِرْنَا               : turunnya hujan kepada kami
بِالْكَوْكَبِ         : bintang-bintang (planet)
بِفَضْلِ                : karena karunia

B.     Takhrij al-Hadis
Setelah dilakukan takhrij al-hadis, hadis di atas bersumber dari : [1]
1.      Muslim, kitab Iman, no hadis 104
2.      Bukhari, kitab Jum’at, no hadis 980
3.      Bukhari, kitab Adzan, no hadis 801
4.      Bukhari, kitab Peperangan, no hadis 3832
5.      An-Nasa’i, kitab Istisqa’ (meminta hujan), no hadis 1508
6.      Abu Daud, kitab ath thib (pengobatan), no hadis 3407
7.      Ahmad, kitab Musnad Penduduk Syam, no hadis 16444
8.      Malik, kitab Adzan, no hadis 405

C.    Kualitas Hadis
Hadis utama yang diteliti adalah hadis riwayat Bukhari no hadis 980. Setelah dilakukan penelitian sanad hadisnya, maka kesimpulan para kritikus hadis adalah bahwa hadis tersebut dari sisi sanadnya bersambung. Masing-masing perawi diberi penilaian tsiqah sebagai kesimpulan dari beberapa kritikus hadis. Sedangkan dari penelitian matan, hadis tersebut diriwayatkan oleh beberapa Imam ahli hadis dengan redaksi yang mirip. Tidak ada kontradiksi dari tiap-tiap riwayat dari segi redaksi matan.  Hadis tersebut dinilai shaduq.



D.    Tinjauan Sains terhadap Isi Kandungan Hadis
Secara ilmiah, hujan adalah peristiwa turunnya butir-butir air dari langit ke permukaan bumi.  Hujan adalah sebuah presipitasi berwujud cair, berbeda dengan presipitasi non-cair seperti salju, batu es, dan slit. Hujan memerlukan keberadaan lapisan atmosfer tebal agar dapat menemui suhu di atas titik leleh es di dekat dan di atas permukaan bumi. Di bumi, hujan adalah proses kondensasi uap air di atmosfer menjadi butir air yang cukup berat untuk jatuh dan biasanya tiba di daratan.[2] Di dalam KBBI, hujan didefinisikan sebagai titik-titik air yang berjatuhan dari udara karena proses pendinginan.[3] Definisi hujan tersebut dikemukakan tentunya setelah melalui proses panjang penelitian oleh para ilmuwan. Namun, secara sederhana hujan itu adalah air yang turun dari langit. Mungkin pengertian yang semacam ini yang dapahami oleh umat Nabi terdahulu ketika belum ditemukan proses terjadinya hujan.
Hadis di atas merupakan salah satu hadis yang menjadi dasar tentang adanya hujan sebagai rahmat Tuhan. Di dalam hadis tersebut secara tekstual berisi pernyataan bahwa orang yang menganggap hujan itu berasal dari bintang (planet) maka dia telah kafir, sedangkan orang yang beriman adalah orang yang mengatakan bahwa hujan merupakan karunia dan rahmat yang datang dari Allah. Jika berangkat dari normatifitas teks, tidak dapat diragukan bahwa hadis tersebut shahih. Hal ini karena di masa Nabi belum ditemukan berbagai teori dan bukti-bukti ilmiah mengani terbentuknya hujan. Pengetahuan tentang hujan hanya diketahui langsung dari firman Allah. Sehingga pemahaman Nabi tentang hujan merupakan ilmu yang langsung dari Allah sebagai bukti kerasulannya.
Seiring dengan perkembangan dan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi, berbagai fenomena alam sudah mampu dipelajari dan dikembangkan oleh manusia (ilmuwan). Para ilmuwan sudah menemukan bagaimana proses terjadinya hujan dan hal-hal apa yang menjadi sebab turunnya hujan. Sehingga, dengan diketahuinya teori-teori tentang terbentuknya hujan, manusia dapat lebih memanfaatkannya dengan baik.
Menurut Zaghlul an Najjar dalam bukunya Pembuktian Sains dalam Sunnah, bahwa proses  turunnya hujan dari awan merupakan proses yang belum dapat dipahami secara ilmiah dengan segala rinciannya.[4] Menurutnya, manusia hanya mampu membuat hipotesis dan memunculkan teori tentang proses terbentuknya hujan, namun tetap tidak bisa secara utuh. Hal ini karena proses terbentuknya hujan berlangsung dengan sejumlah proses yang tidak terlihat secara langsung.
Proses turunnya hujan dari awan belum diketahui secara detail. Menurut An Najjar, yang diketahui oleh para ilmuwan hanyalah bahwa bumi merupakan planet dalam susunan tata surya yang paling kaya dengan air.[5] Secara ilmiah, penelitian dan penemuah tentang proses terjadinya hujan memang berlangsung secara bertahap. Penelitian yang dilakukan oleh para ilmuwan biasanya merupakan lanjutan dari penelitian sebelumnya. Tujuannya yaitu bisa jadi untuk menguji validitas teori atau karena terjadi kesenjangan antara teori dengan realitas yang terjadi.
Proses sirkulasi air (hidrologi)  yang ada dibumi merupakan proses yang tanpa henti. Secara teratur dan tetap, air yang ada di bumi tidak bertambah dan berkurang. Ketika memebahas siklus air, maka tidak ada patokan secara pasti darimana awal mula prosesnya. Berikut ini dijelaskan bagaimana proses turunnya hujan dari awan yang diambil dari buku Pembuktian Sains dalam Sunnah.[6] Di bumi, yang sangat berperan penting dalam proses penguapan air adalah sinar matahari. Air yang ada di permukaan bumi mulai dari laut, samudera, sungai, danau, air yang tersimpan di bawah permukaan bumi, pernapasan makhluk hidup, dan berbagai sumber air lainnya, dengan bantuan cahaya matahari menguap dan naik ke lapisan atmosfer bumi (toposfer). Toposfer merupakan bagian dari lapisan atmosfer yang paling rendah yaitu sekitar 15 km dari permukaan tanah. Pada lapisan ini terjadi peristiwa cuaca seperti hujan, angin, musim salju, kemarau, dsb. Biasanya jika ketinggian bertambah, maka tekanan udaranya berkurang. Hal inilah yang membantu proses penggumpalan uap air. Air yang berada di lapisan troposfer berbentuk buliran-buliran air yang menempel dengan udara dengan daya rekat dan kekuatan tensi permukaannya. Meski berada di awan dan digerakkan oleh angin, buliran-buliran ini tidak jatuh ke bumi. Turunnya hujan ke bumi disebabkan karena berpadunya dua awan yang berbeda muatan. Sehingga turunlah hujan ke bumi.



Proses terjadinya hujan secara ilmiah   

Hujan merupakan salah satu bentuk presipitasi uap air yang berasal dari awan yang terdapat di atmosfer. Bentuk presipitasi lainnya adalah salju dan es, yaitu bentuk padat. Dapat pula dalam bentuk aerosol yakni embun kabut. Pemanasan air laut oleh sinar matahari merupakan kunci proses siklus hidrologi dapat berjalan terus menerus. Siklus ini tidak pernah berhenti dari atmosfer ke bumi dan kembali ke atmosfer melalui kondensasi, presipitasi, evaporasi dan transpirasi. Pada perjalanan menuju bumi beberapa presipitasi dapat berevaporasi kembali ke atas atau langsung jatuh kemudian diintersepsi oleh tanaman sebelum mencapai tanah. Setelah mencapai tanah, siklus hidrologi terus bergerak secara kontinu dalam tiga cara yang berbeda :
-          Evaporasi/ transpirasi : air yang ada di laut, daratan, tanamab, dsb menguap ke atmosfer dan menajdi awan. Pada keadaan jenuh uap air akan menjadi bintik-bintik air yang selanjutnya turun dalam bentuk hujan, salju, es
-          Infiltrasi ke dalam tanah
-          Air permukaan : air bergerak di atas permukaan tanah dekat dengan aliran utana dan danau, makin landau lahan dan makin sedikit pori-pori tanah, maka aliran permukaan semakin besar. Sungai-sungai bergabung dan membentuk sungai utama yang membawa seluruh air permukaan disekitar aliran sungai menuju laut
Hujan diturunkan di bumi dalam kadar tertentu. Kuantitas hujan yang sudah ditentukan ini telah ditemukan melalui penelitian modern.[7] Diperkirakan dalam satu detik, sekitar 16 juta ton air menguap dari bumi. Angka ini menghasilkan 513 triliun ton air per tahun. Angka ini ternyata sama dengan jumlah hujan yang jatuh ke bumi dalam satu tahun. Ini berarti air senantiasa berputar dalam siklus yang seimbang menurut kadar tertentu. Satu penyimpangan kecil saja dari jumlah ini akan segera mengakibatkan ketidakseimbangan ekologi yang mampu mengakhiri kehidupan di bumi.
Pemenuhan syarat-syarat tentang terjadinya hujan membutuhkan perhitungan awal yang tidak mungkin dilakukan secara asal atau kebetulan. Dari sini tampak bahwa terjadinya hujan merupakan salah satu rahasia alam yang tidak mungkin dipahami dan diketahui kecuali setelah mendapatkan pemahaman yang komprehensif. Namun, kekuasaan Allah terlihat sangat jelas. Hal itu tampak lebih mencengangkan dalam distribusi pemerataan hujan di muka bumi dengan kehendak Allah. Kenyataan ini membuktikan kebenaran hadis tentang hujan yang merupakan karunia dari Allah.[8]

 PENUTUP

  1. Kesimpulan
Hujan adalah anugerah dan karunia dari Allah sebagaimana yang telah diungkapkan di dalam al-Qur’an dan Hadis. Karunia tersebut tidak lain diperuntukkan bagi manusia di bumi. Manusia diperintahkan Allah untuk selalu berpikir dan menghayati ciptaan-Nya. Sebagaimana proses terbentuknya hujan yang baru diketahui oleh manusia setelah ditemukan berbagai alat dan teknologi modern. Ketika manusia tidak memiliki pengetahuan apapun mengenai proses terjadinya hujan, hal ini telah diungkapkan oleh al-Qur’an dan Hadis Nabi.
Siklus hujan yang di dalam kajian ilmiah sering disebut proses hidrologi senantiasa tetap dan tidak berubah. Air di permukaan bumi yang menguap ternyata jumlahnya sama dengan air yang diturunkan ke bumi melalui hujan. Peristiwa alam ini membuktikan bahwa tidak ada seorangpun yang bisa menciptakan hujan selain Allah. Di era kecanggihan teknologi, manusia bisa menciptakan hujan buatan sebagai hasil dari proses berpikir tentang alam ini. Proses hujan menajdi inspirasi bagi manusia untuk bisa berkarya demi kepentingan manusia juga. Berdasarkan hadis dan penjelasan sains di atas, tidak diragukan lagi bahwa hujan membawa manfaat yang besar bagi manusia. Hujan adalah karunia dan rahmat dari Allah untuk hamba-Nya.


  1. Daftar Pustaka
An-Najjar, Zaghlul. 2006. Pembuktian Sains dalam Hadis. Jakarta : Amzah
Yahya, Harun. 2004. Al-Qur’an dan Sains. Bandung : Dzikra












       [1] CD Mausu’ah al-hadis al-syarif dan Software Lidwa Pusaka
       [3] KBBI online, http://bahasa.kemdiknas.go.id/kbbi/index.php
       [4] Zaghlul an Najjar, Pembuktian Sains dalam Hadis, (Jakarta : Amzah, 2006), hlm. 70.
       [5]  Zaghlul an Najjar, Pembuktian Sains dalam Hadi, hlm. 68.
       [6] Zaghlul an Najjar, Pembuktian Sains dalam Hadis,hlm. 69-71.
       [7] Harun Yahya, Al-Qur’an dan Sains, (Bandung : Dzikra, 2004), hlm. 101-102.
       [8]  Zaghlul an Najjar, Pembuktian Sains dalam Hadis,hlm. 72.

No comments:

Post a Comment